Keistimewaan Blogging : Untuk Pemula

Diposting oleh Bedjo.78 | 01.40 | 0 komentar »

Blog saat ini telah melesat dasyat sebagai sarana komunikasi personal, komunitas, atau bagi institusi .  Berbagai kepentingan pun banyak yang memakai sarana blog, mulai dari bisnis, kesehatan, pendidikan, politik,  dan sebagainya. Intinya, blog atau web sederhana telah menjadi sarana komunikasi, promosi, tutorial dan aktualisasi diri bagi siapapun. Bagaimana dengan Anda ?

Blog sering dianggap mirip dengan website. Ya, secara tampilan sekilas memang terkesan sama. Namun, tahukah Anda bahwa antara blog dan website itu berbeda ? paling tidak, dilihat dari hal-hal berikut ini:

1. Blog tampil lebih dinamis, tampilan seringkali berdasarkan waktu kronologi artikel /berita yang kita tampilkan (posting). Ya, jika Anda menampilkan artikel atau berita, maka secara otomatis berita atau artikel anda yang terkini akan tampil dimuka. Anda tak perlu repot mengatur. Itulah, salah satu perbedaan antara website dan blog.

2. Blog memiliki fitur bawaan yang lumayan lengkap dan praktis. Bagi Anda yang pemakai internet pemula, sangatlah sulit jika harus belajar programming untuk membuat sebuah website. Blog adalah pilihan bijak, mengapa ? karena blog sudah dilengkapi fasilitas bawaan seperti pembagian  Header, body dan footter. Lalu, penempatan fitur widget biasanya sudah disediakan di siderbar, Anda tinggal pilih sesuai dengan selera atau kebutuhan Anda.

3. Blog lebih simple dan userfriendly dibanding website. Anda tak  perlu pusing mendesain ini itu, begini dan begitu, tinggal klik dan klik maka anda sudah punya "web" pribadi. Tak harus berlama-lama belajar jadi webmaster, tak harus mahir bahasa php dst.

4. Blog lebih mudah meng-update. Jika Anda punya website adalah Anda harus memilik bekal teknis yang cukup jika Anda ingin melakukan update secara berkala Minimal Anda harus paham HTML, PHP dan bahasa script ini dan itu. Namun, dengan blog tak perlu lagi Anda merasa pusing jika Anda ingin melakukannya. Karena fasilitas new post akan membantu Anda. Mudah kok!

5. Pengunjung Blog disediakan  tempat untuk bertamu dan melakukan komunikasi  dengan memberikan komentar. Inilah keistimewaan blog. Sering kali akan terjalin hubungan yang baik antara pengelola dan pengunjung sebuah blog.

6. Pemilik blog mudah jika mau mengganti tampilan skin blog. Banyak penyedia free skin  yang bisa Anda pilih secara gratis. Jika Anda sebagai pemula,  akan sulit  jika Anda mengganti tampilan skin website Anda. Betul kan ?

Nah, Sekarang apakah Anda ingin  memiliki Blog ?  masih bingung memulainya ? mungkin Anda ada yang  bertanya, berapa biaya untuk membuat sebuah blog ? sabar friend. ! Anda tak perlu membayar sepeserpun jika Anda mau memiliki blog seperti ini. Namun, sebelumnya ada syarat wajibnya. Apa itu ? Anda harus punya sebuah email address! Silahkan daftar email dahulu disini atau disini, kemudian registrasi blog disini atau disini. Sekali lagi Gratiss tis..

Nah, tunggu apa lagi ?

Selamat ngeblog.
PS. Tulisan ini hanya untuk PEMULA. Maaf bagi para master, silahkan Anda lewati saja tulisan ini...


0 komentar